Thursday, December 3, 2009

Zune HD vs iPod Touch: pemenangnya adalah?



Dalam hal pemutar musik Microsoft memiliki Microsoft Zune HD, sebuah pemutar musik dan video yang akan menjadi pesaing iPod Touch.

Keduanya terlihat bagus apalagi ada Microsoft dibalik pembuatan Zune HD ini tentu akan memberikan nilai tambah tersendiri tetapi mana yang lebih baik? Zune HD atau iPod Touch?

Berikut kami berikan sedikit perbandingan singkat sambil menunggu Zune HD akan benar-benar diluncurkan.

Hal pertama yang mungkin akan menjadi perhatian adalah masalah harga, betul engga?

Walaupun Microsoft sendiri belum mengumumkan secara resmi tetapi beberapa hari yang lalu, Amazon sempat membocorkan harga Zune HD tersebut entah disengaja atau tidak.

Harga Zune HD ternyata (kalau bener) akan lebih murah sekitar 25% dibandinkan iPod Touch. Lumayan jauh kan!!!

Dari segi layar, Zune HD menggunakan layar jenis OLED yang memberikan kualitas gambar yang lebih baik dan penggunaan OLED otomatis akan membuat umur baterai jauh lebih lama dibandingkan iPod Touch.

Sedikit kekurangan dari Zune HD (3,3 inch) dari segi ukuran layar adalah lebih kecil 0,2 inch dibandingkan iPod (3,5 inch)

Internet & Browsing
Zune HD menggunakan Internet Explore untuk browsernya sedangkan Apple menggunakan Safari yang terkenal dengan kecepatannya itu. Dalam hal ini, mungkin memang iPod Touch sedikiit lebih baik.

Zune HD bisa melakukan stream musik melalui koneksi Wi-Fi sedangkan iPod Touch tidak bisa tetapi di lain sisi, iPod Touch bisa melakukan stream musik melalui koneksi Bluetooth sedang Zune HD masih belum ada penjelasan apakah bisa atau tidak.

Musik, Games dan Aplikasi
Zune HD akan meluncurkan toko musik online yang diberi nama Zune Marketplace yang menggunakan sistim anggota untuk mendownload musik sedang Apple menjual lagu dengan harga per lagu.

Games dan aplikasi, sepertinya Apple jauh lebih unggul mengingat di Apple Store saat ini sudah ada sekitar 60.000 aplikasi dan Games yang bisa digunakan oleh pengguna iPod (Touch).

Kesimpulan:
Memang agak sulit menentukan mana yang terbaik tetapi menurut kami, Zune HD sepertinya lebih layak dimiliki dengan 5 pertimbangan yaitu masalah harga, harga, harga dan harga sedangkan yang terakhir adalah layar OLEDnya. :D

Sumber berita
Zune HD vs iPod Touch: Feature Smackdown
otakku

0 comments:

Post a Comment

 

Followers

Powered By Blogger

Recommended Gadget

  • ads
  • ads
  • ads
  • ads

gadgetblog Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal