Friday, December 4, 2009

Nokia Pangkas Model Smartphonenya


Vendor ponsel terbesar dunia, Nokia, bakal memangkas jumlah model smartphonenya. Langkah ini dilakukan agar Nokia lebih fokus dalam pengembangan produk, seiring kompetisi yang kian ketat dengan Apple dan RIM.

"Kami melihat kompetisi sangat sengit di segmen smartphone high end, demikian juga di mid dan low end," tukas Jo Harlow, kepala unit smarthone Nokia. "Kami akan mempertahankan posisi kami, tapi kami juga punya perangkat untuk 'bermain' menyerang di samping bertahan."

Pada tahun 2009, Nokia memperkenalkan sekitar 20 model ponsel pintar. Tahun 2010, jumlah model yang akan diperkenalkan bakal dipangkas sampai separuhnya. Nokia juga berencana menekan harga smartphone.

Antti Vasara, kepala riset dan pengembangan smartphone Nokia, menilai bahwa perusahaan bisa melakukan lebih banyak hal dengan produk lebih sedikit.

"Kami menghentikan diferensiasi yang tidak penting, sehingga kami punya portofolio yang jauh lebih fokus tahun depan," ucap Vasara yang dilansir Reuters, Jumat (4/12/2009).

Para analis menyambut positif rencana Nokia. "Pilihan ponsel Nokia terdiri dari banyak model yang terlihat dan terasa sama, dan kami yakin hal ini membingungkan konsumen," ujar Pablo Perez Fernandez, analis MKM Partners.

Namun di sisi lain, Nokia disarankan tetap berhati-hati dalam memangkas jumlah produknya. Sebab selama ini, Nokia meraih untung besar dengan banyaknya model ponsel yang dilempar ke pasaran, dibanding para rivalnya.

(dato/iv/dtc)

0 comments:

Post a Comment

 

Followers

Recommended Gadget

  • ads
  • ads
  • ads
  • ads

gadgetblog Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal